Aug 11, 2016 / by Tim HPD Pimnas / No Comments

Judul PKM :  Naga Silver: Nanomaterial  Mangan-Silver  Ortofosfat (Mn-) sebagai Fotokatalis  Pendegradasi Limbah Cair Industri Tekstil dengan Bantuan Sinar Matahari

Nama Mahasiswa :

1.      Mohammad Afif

2.      Yuyun Septyana

3.      Nugraheni Puspita Rini

Nama Pembimbing : Anung Riapanitra, M.Sc.

Nama Perguruan Tinggi : Universitas Jenderal Soedirman

Kategori Penelitian : Penelitian Eksakta

Tujuan:

1.Menentukan karaktersitik fotokatalis Naga Silver.

2.Menentukan aktifitas Naga Silver terhadap limbah cair industri tekstil dengan bantuan sinar matahari.

Deskripsi PKM :

 

Proses  produksi  tekstil  banyak  menggunakan  zat-zat  kimia  yang  dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. Pencemaran lingkungan tersebut dapat berupa zat warna maupun bahan padatan yang terlarut dalam air. Zat kimia tersebut biasanya dibuang tanpa pengolahan terlebih dahulu sehingga menimbulkan dampak negatif seperti peningkatan angka Biological Oxigen Demand (BOD) dan Chemical Oxygen Demand (COD), mengakibatkan kematian bagi sistem kehidupan perairan, dan mengakibatkan rusaknya lingkungan secara berkelanjutan.

 

Mengingat banyaknya dampak negatif dan berbahaya dari limbah zat warna industri tekstil, maka diperlukan penanganan yang intensif terhadap pengolahan limbah zat warna industri tekstil.

Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) telah berhasil mensintesis komposit mangan oksida/ Ag3PO4 pada suhu kamar menggunakan metode co-presipitasi. Efek dari penambahan oksida mangan untuk Ag3PO4 yang diselidiki menggunakan fotodekomposisi Rhodamin B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan oksida mangan secara signifikan telah meningkatkan aktivitas fotokatalitik dan sedikit meningkatkan  stabilitas dibandingkan dengan Ag3PO4 murni. Inovasi pada penelitian ini adalah sintesis nanomaterial komposit baru Ag3PO4-Mn dengan fotokatalis yang memanfaatkan energi sinar matahari untuk merombak limbah dengan hasil samping air dan karbondioksida. Selain itu, penelitian ini telah di publikasikan pada jurnal Materials Sciences and Engineering- Elsevier serta mendapat hak paten dari US Patent and Trademark. (ulfi)