Aug 16, 2016 / by Tim HPD Pimnas / No Comments

Judul PKM : KORAWA (Komputer Aksara Jawa)

 

Tujuan : Menciptakan permainan komputer huruf Aksara Jawa sebagai alternatif media pembelajaran untuk mengenalkan dan mempermudah belajar huruf Aksara Jawa.

Nama Mahasiswa : Nurma Wistyningtyas Basuki Radite, Angga Bintara Putra, Siti Ngaisah, Heni Widi Astuti, Novera Dwi Nurrohmi

Nama Perguruan Tinggi : Universitas Veteran Bangun Nusantara

Kategori PKM : PKM-KC

 

Deskripsi PKM :

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai nilai-nilai budayanya. Budaya Jawa yang adiluhung sarat dengan nilai-nilai luhur pembentuk karakter bangsa, di antaranya tersurat dalam naskah-naskah kuno bertuliskan huruf Jawa. Oleh karena itu, siswa dibekali dengan kompetensi membaca wacana berhuruf Jawa agar tidak tercerabut dari akar budaya bangsanya. Tapi kesulitan dalam mempelajari aksara Jawa selalu dijumpai oleh siswa maupun gurunya.

Lima mahasiswa dari Universitas Veteran Bangun Nusantara yang peduli terhadap budaya tersebut turut membantu mengatasinya dengan menciptakan KORAWA, permainan komputer huruf Aksara Jawa. Mereka adalah Nurma Wistyningtyas Basuki Radite, Angga Bintara Putra, Siti Ngaisah, Heni Widi Astuti, dan Novera Dwi Nurrohmi yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Karsa Cipta (PKM-KC) yang lolos menjadi salah satu peserta Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasona XXIX (Pimnas ke-29) di Institut Pertanian Bogor (IPB).

KORAWA menampilkan beberapa menu utama yaitu sejarah singkat Aksara Jawa dan beberapa soal latihan. Dengan desain background batik dan lagu dolanan Jawa sebagai backsound turut menambah nuansa Jawa pada saat memainkan aplikasi ini. Proses perancangan KORAWA sudah mencapai 100% sampai pada sosialisasi kepada siswa di salah satu sekolah dasar (SD).

Rencananya, KORAWA ini akan menambah variasi soal dan merilis aplikasi permainan aksara Jawa berbasis android. Dengan adanya inovasi ini diharapkan dapat membantu siswa khususnya SD/MI dalam memahami aksara Jawa dan sebagai alternatif media pembelajaran guru tentang materi aksara Jawa.

 

Contact Person : (0271) 593156