Aug 16, 2016 / by Tim HPD Pimnas / No Comments

Judul PKM: RaPDe (Rapid Pesticide Detector): Inovasi Detektor Pestisida pada Sayuran yang Cepat, Praktis, dan Eco-friendly

 

Tujuan : Membantu masyarakat, petani, dan pemerintah untuk memonitor residu pestisida pada sayuran

Nama Mahasiswa : Ratyawisnu Fahmiaji Winarto, Muhammad Ainul Yaqin, Velarida Esa Sakti

Nama Pembimbing : Sudarma Dita W., STP., MP., MSc.

Nama Perguruan Tinggi : Universitas Brawijaya

Kategori PKM : PKM-KC

Deskripsi PKM :

Besarnya potensi sektor pertanian di Indonesia, seringkali tidak diimbangi dengan proses produksi yang baik. Salah satu permasalahannya adalah penggunaan pestisida yang tidak terkontrol pada sayuran, sehingga residu pestisida tertinggal pada sayuran. Selain menimbulkan pencemaran, jika dikonsumsi dapat berdampak pada kesehatan. Salah satunya dapat menyebabkan kelumpuhan, lymphoma, leukimia, dan kanker prostat. Oleh karena itu, residu pestisida perlu dideteksi.

Cemas dengan keadaan itu, tiga mahasiswa dari Universitas Brawijaya yang terdiri dari Ratyawisnu Fahmiaji Winarto, Muhammad Ainul Yaqin, dan Velarida Esa Sakti mengembangkan pendeteksi pestisida berbasis kertas yang bernama RaPDe (Rapid Pesticide Detector). Berkat inovasinya ini mereka yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Karsa Cipta (PKM-KC) lolos Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional XXIX (Pimnas ke-29) di Institut Pertanian Bogor (IPB). Tim PKM ini dibimbing oleh Sudarma Dita W., STP., MP., MSc.

RaPDe diaplikasikan dengan cara menempelkan pada permukaan sayuran yang sudah dibasahi dengan air, kemudian ditetesi substrat. Dengan memanfaatkan enzim ACHe, produk yang dihasilkan adalah kolin yang bisa mengubah senyawa pewarna dalam biosensor menjadi kuning. Tapi dengan adanya pestisida yang tertinggal pada sayuran, maka reaksi degradasi dapat dihambat dan menyebabkan tidak terjadinya perubahan warna. Hal inilah yang selanjutnya menjadi dasar penentuan ada tidaknya pestisida pada sayuran.

Keunggulan pada detektor pestisida ini yaitu murah, portabel, eco-friendly, dan on-site detection. Selain itu, RaPDe diharapkan bisa menggantikan metode deteksi yang sebelumnya ada, seperti kromatografi yang membutuhkan banyak alat, biaya dan ketrampilan khusus. Dengan rancangan yang dibuat kecil dan mudah dioperasikan, alat ini diharapkan bisa digunakan siapa saja dengan biaya yang murah.

Contact Person : 085649940103