Sep 02, 2016 / by Tim HPD Pimnas / No Comments

Judul : Optimasi Pemanfaatan Selulosa dari Limbah Ampas Tebu (Saccharum Officinal L.) sebagai Bahan Pembuatan Carboxymethyl Cellulose (CMC) Untuk Industri Makanan

 

Tujuan : mendapatkan komposisi reagen karboksimetil dan waktu reaksi karboksimetilasi terbaik dalam pembuatan CMC.

Kelompok : Herry Wijayanto, Rezni Suryaningrum, Hepi Nuriyawan, Ina Yuliyati

Pembimbing : Widiastuti Agustina E.S., S.Si.,M.Si.

Nama Perguruan Tinggi : Universitas Sebelas Maret (UNS)

Kategori : PKM Penelitian Eksakta

Deskripsi :

Sebanyak 254, 9 juta penduduk Indonesia pasti membutuhkan makanan sebagai kebutuhan primernya. Selain jumlahnya, yang tak kalah penting kualitas pangan tersebut  perlu diperhatikan. Dengan  maraknya zat aditif dalam pangan dapat menurunkan kualitas nutrisinya. natrium karboksimetil selulosa dan sodium karboksimetil selulosa sebagai penstabil makanan menjadi sangat penting dalam mempertahankan kualitas makanan seperti es krim, agar-agar, selai, santan kemasan dan sebagainya. Penstabil makanan yang digunakan selama ini berbahan dasar kapas dan selulosa kayu  diimpor dari Hongkong sehingga biaya yang diperlukan cukup tinggi.

Di sisi lain, perkebunan tebu seluas hasil 87 ton per hektar menghasilkan limbah ampas tebu. Limbah ampas tebu banyak mengandung selulosa (52,7 persen) baru dimanfaatkan sebanyak 60 persen. Peneliti berupaya memanfaatkan limbah ampas tebu sebagai solusi bahan utama pembuatan Carboxymethyl cellulose (CMC) sebagai zat penstabil makanan.

Hasil penelitian ini diperoleh komposisi CMC terbaik yaitu NaOH 15 persen, asam kloroasetat 30 persen dengan proses karboksimetilasi selama satu jam. Sampel CMC tersebut mendekati CMC standar dengan derajat substitusi 0,7751, pH 5,87 dan memiliki kemurnian tertinggi karena telah terjadi difusi gugus karboksimetil (CH2COOH) terbanyak dan menyubstitusikan gugus –OH pada selulosa. Hasil penelitian ini telah didaftarkan pada Jurnal Material Science and Chemical Engineering awal Agustus lalu. (Farliani)

Contac Person             : herrywijayanto70@gmail.com