Sep 05, 2016 / by Tim HPD Pimnas / No Comments

Judul : “BCI“ (Baby Crying Identification) Identifikasi Suara Tangis Bayi Berbasis Ranah Waktu Frekuensi sebagai Penerjemah Kondisi Bayi

 

Tujuan : Karakterisasi jenis tangisan bayi berbasis sinyal akustik menggunakan parameter frekuensi dasar, frekuensi formant dan  prosody.

Kelompok :  Nadhifa Maulida, Wilujeng Fitri, Heru Susanto, M Qomaruz Z, Desty Ajeng P.

Pembimbing : Dr. Dhany Arifianto ST, M.Eng

Nama Perguruan Tinggi`: Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Kategori : PKM Penelitian Eksakta

Deskripsi                     :

Secara umum tangisan bayi memiliki makna berbeda. Ketidakmampuan menginterpretasikan tangisan bayi berpengaruh pada kesalahan menangani bayi tersebut. Tangisan bayi normal belum dapat dibedakan dengan menggunakan parameter frekuensi dasar dan frekuensi format. Oleh karena itu, pada penelitian ini dilakukan karakterisasi tangisan bayi dengan menggunakan parameter tersebut dengan tambahan parameter prosody.

 

Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan suara tangisan 10 bayi usia 1-11 bulan (4 laki-laki dan 6 perempuan) yang direkam dengan recorder H4N pada jarak 10-15 cm. Kondisi yang  diidentifikasi yaitu saat lapar, tidak nyaman dan mengantuk. Hasil deteksi fitur dinamik (prosody) menunjukkan pada kondisi tidak nyaman memiliki fasa yang berlawanan dengan lapar dan mengantuk. Sementara kondisi lapar dan mengantuk memiliki fasa sama namun amplitudo berbeda. Kesimpulannya, metode straight lebih efisien dalam mengekstrak frekuensi dasar dan karakteristik tangis bayi dapat dibedakan secara akurat menggunakan parameter akustik frekuensi dasar, frekuensi formant dan prosody.

 

Hasil penelitian ini telah dipublikasikan pada Seminar Internasional  IEEE ISITIA 2016 di Lombok, terindeks Scopus, Jurnal CommIT terindeks Google Scholar,  dan akan berlanjut pada Seminar Internasional  IoP ICOPIA (International Conference on Physics and its Application) Agustus 2016 di Bali. Metode ini telah memperoleh hak paten. Penelitian ini akan berlanjut bergabung dengan peneliti dari laboratorium Biomedical Acoustic Universitas Degli Studi di Firenze – Italia. (Farliani)

Contac Person             : adhifa.maulida@gmail.com 085231125271