Sep 05, 2016 / by Tim HPD Pimnas / No Comments

Judul  : Celana Anti Pembalut

 

Nama Mahasiswa : Zahiroh Maulida Aisy Nasyia, Diane Friska Grimminck, Laela Mustikasari, Siti Habibah Meiranti

Tujuan : Mencari solusi dari  tingginya sampah di Indonesia akibat pemakaian pembalut, mencari solusi pembalut yang ramah lingkungan, tidak mengandung bahan kimia, mengurangi risiko kanker serviks

Kategori PKM : PKM-Karsa Cipta

Dosen Pembimbing : Ika Resmeiliana

Nama pergsuruan Tinggi : Institut Pertanian Bogor

Deskripsi :

Produk celana anti pembalut diinisiasi karena adanya keresahan bahwa pembalut yang banyak beredar di masyarakat selain tidak ramah lingkungan juga mengandung bahan kimia yang dapat beresiko terkena kanker serviks. Celana anti pembalut dibuat dari kain seperti pakaian senam dan pakaian bayi yang banyak digunakan di masyarakat. Celana anti pembalut ini telah diuji daya serapnya dengan menggunakan darah hewan yang relatif sama dengan darah manusia.  Celana tanpa pembalut ini juga dapat dicuci seperti layaknya celana dalam pada umumnya.

Keunggulan celana anti pembalut antara tidak anti bocor, mengatasi kesehatan reproduksi, mengurangi pencemaran lingkungan. Komposisi dari celana anti pembalut adalah kain katun serat bambu, sifat aman dari bahan kimia, dapat menghilangkan bau, bahan anti bocor, kain microfleece, microfiber, memiliki daya serap yang tinggi dan water proof.