Sep 05, 2016 / by Tim HPD Pimnas / No Comments

Judul PKM : Metode Dana (Demonstrasi Berwarna) Solusi Meningkatkan Pemahaman dan Minat Belajar Siswa Dalam Memahami Permasalahan Permutasi dan Kombinasi

 

Tujuan : Merancang pembelajaran yang tanggap siswa dan menguji efektifitas Metode Dana

Nama Mahasiswa : Ana Wahyu Nurrohman, Amaturrahman Nurul Fahmi, Hunaifi, Linda Nurfitriyani

Nama Pembimbing : Dr. Sugeng Sutiarso, M.Pd

Nama Perguruan Tinggi : Universitas Lampung

Kategori PKM yang dilombakan : PKM-P (Penelitian)

DeskripsiĀ  PKM :

Matematika memerlukan cara tersendiri untuk mengatasi kesulitan dalam memahami permutasi dan kombinasi. Sulit menentukan rumus yang tepat untuk digunakan, sehingga siswa kurang fokus, kurang antusias dan mengantuk saat pelajaran Matematika.

Medote Dana (Demonstrasi Warna) yang diciptakan tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari Universitas Lampung mencoba untuk menanggulangi hal tersebut.

Tim ini menciptakan suatu pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami, serta mampu diterima dengan baik oleh siswa.

Teori permutasi itu tentang banyaknya kemungkinan unsur yang memperhatikan urutan dan kombinasi adalah kemungkinan yang tidak mengikuti urutan. Salah satu faktor dalam membuat siswa tidak memahami permutasi dan kombinasi adalah karena guru menggunakan metode ceramah. Seorang guru harus bisa menciptakan suasana yang menarik agar matematika mudah dipahami.

Inovasi pembelajaran matematika yang kreatif adalah Metode Dana. Metode ini sudah diujicobakan di SMA Bandar Lampung. Setelah dilakukan pembelajaran dengan Metode Dana, terjadi peningkatan skor matematika pada siswa. Dari data kenaikan skor siswa, nilai N-Gainnya menyatakan kriteria sedang.

Tim menyimpulkan metode ini menarik, mudah dipahami dan cukup baik dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam memahami konsep permutasi dan kombinasi.

Contact Person : Ana 089672850117