Sep 05, 2016 / by Tim HPD Pimnas / No Comments

Judul : Potensi Ekstrak Metanol  Daun Kersen (Muntingia Calabura L.) sebagai Terapi Kanker Kolorektal
Tujuan : Mengetahui efek ekstrak Muntingia calabura dalam meningkatkan sensitivitas sel kanker kolon WiDr dan membandingkan viabilitas sel dan nilai IC50 antara sel WiDr yang dipaparkan ekstrak metanol Muntingia calabura dengan sel WiDr yang dipaparkan 5-FU.

Kelompok : Andry Octaviani, Liana Putri, Abhiseka Putra W., Ananta Devi H, Syahrina Zul A.

Pembimbing : Dr. Sufi Desrini, M.Sc, Dr. Hj, Erlina Marfianti, M.Sc, Sp.PD

Nama Perguruan Tinggi : Universitas Islam Indonesia Yogyakarta

Kategori : PKM Penelitian Eksakta

Deskripsi:

Peringkat ketujuh penyebab kematian di Indonesia ialah kanker dan kanker kolorektal. Hal ini  merupakan jenis kanker ketiga tertinggi dari jenis kanker lainnya yang menyebabkan kematian. Sejauh ini sudah tersedia berbagai upaya penyembuhan kanker yang kita kenal dengan terapi lokal meliputi pembedahan maupun pemberian radiasi. Upaya tersebut masih berisiko tinggi karena efeknya dapat merusak syaraf-syaraf di sekitar proses radiasi. Selain radiasi, juga ada terapi sistemik  diantaranya terapi biologi, kemoterapi dan terapi hormonal.

Mahasiswa Universitas Islam Indonesia ini meneliti ekstrak daun Kersen (Muntingia calabura)  yang mempunyai aktivitas inhibisi proliferasi sel kanker jenis MCF-7, HeLa, HT-29, HL-60 dan K-562. Hasil penelitian tim PKM ini menunjukan bahwa poliferasi ekstrak metanol daun kersen mampu menghambat pertumbuhan sel kanker kolon WiDr. (Farliani)