Untuk memudahkan mobilitas bagi civitas akademika dari satu lokasi ke lokasi lainnya dalam kampus, Institut Pertanian Bogor (IPB) menyediakan alat transportasi berupa sepeda, bus, dan mobil listrik sebagai sarana transportasi alternatif selain berjalan kaki. Penyediaan alat transportasi ini dalam rangka mendukung menuju Program Green Campus 2020.

Sepeda kampus

Sejak lama, Kampus IPB membudayakan bersepeda dalam kampus. Berkat bantuan berbagai pihak IPB memiliki sekitar 840-an sepeda dan 685 sepeda yang dapat digunakan untuk bertransportasi dalam kampus setiap harinya. Jenis Sepeda yang ada pun bermacam-macam, total terdapat 8 jenis Sepeda yang dioperasikan.

Peminjaman sepeda dapat dilakukan dari jam 06.00 hingga 20.00 WIB pada kondisi normal dengan peminjaman terakhir pada pukul 18.00 WIB. Hari operasional adalah hari Senin – Minggu kecuali hari libur kampus dan nasional. Peminjaman sepeda dapat dilakukan di sepuluh halte yang tersebar berbagai titik. Bagi sivitas yang ingin meminjam sepeda cukup menyerahkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) atau kartu identitas lainnya sebagai jaminan saat peminjaman sepeda tersebut. Pengembalian sepeda untuk saat ini hanya dapat dilakukan di shelter yang sama tempat ia meminjam.

Bus Kampus
Seluruh unit bus beroperasi jam 06.00 – 18.00 WIB pada kondisi normal.

Wilayah operasional tersebar di tiga koridor:
Koridor 1 : GWW-FKH-GWW via Asrama Putri
Koridor 2 : GWW-FKH-GWW via LSI
Koridor 3 : GWW-FKH-GWW via Rektorat

Bus kampus hanya dapat menaikkan dan menurunkan penumpang di halte (bus stop) yang ditentukan. Waktu kedatangan bus bervariasi sesuai dengan jadwal bus di setiap koridor atau per halte.

Mobil Listrik

IPB memiliki beberapa mobil listrik (moli) yang diperoleh dari berbagai sumber baik dari sumbangan maupun sponsorship seperti Pemerintah Provinsi Jawa Barat, BRI, dan BNI. IPB saat ini mengelola 35 mobil listrik yang beroperasi di beberapa koridor. Kapasitas mobil ini adalah enam seats atau kursi (satu driver dan lima penumpang).

Saat ini terdapat sepuluh unit moli beroperasi dari jam 06.00 – 18.00 WIB pada kondisi normal. Dengan kapasitas baterai hanya empat jam, maka terdapat dua kali pergantian moli sehingga total 30 moli yang beroperasi reguler. Hari operasional adalah hari Senin – Jumat kecuali hari libur kampus dan nasional.

Wilayah operasional tersebar di empat koridor yaitu :
Koridor 1 : GWW-FKH-GWW via Asrama Putri
Koridor 2 : FKH-FATETA-FKH via Menwa
Koridor 3 : GWW-Rektorat-GWW
Koridor 4: Gerbang Belakang – Perumdos – Gerbang Belakang

Berbeda dengan bus kampus yang hanya berhenti pada halte yang ditentukan, moli dapat berhenti untuk menaikkan atau menurunkan penumpang di mana saja sepanjang koridor operasionalnya, tinggal lambaikan tangan Anda kepada supirnya.

Jadwal kedatangan moli tidak ditetapkan secara pasti seperti bus kampus karena akan terus berputar dengan kecepatan sesuai kondisi di lapangan saat itu. Namun dari estimasi waktu kedatangan diperkirakan sekitar 5-10 menit. (Reza)